×

Pemberitahuan

Please enter your Disqus subdomain in order to use the 'Disqus Comments (for Joomla)' plugin. If you don't have a Disqus account, register for one here

Ciri Khas Ukiran Jepara, yang Terkenal

Indonesia merupakan negara yang kaya potensi di setiap daerahnya. Sebagai sebuah negara, Indonesia berpotensi menghasilkan beragam produk yang berkualitas dan berkreativitas tinggi. Jepara adalah kota yang terkenal sebagai kota ukir.

Hasil ukiran di Jepara mempunyai keistimewaan yang terlihat dari ciri khas ukiran Jepara. Beragam ukiran Jepara yang dihasilkan, mempunyai seni ukir dengan tingkat kreativitas tinggi. Ukiran Jepara merupakan ukiran yang sangat detail, sehingga terlihat nyata dan menarik. keistimewaan yang mengesankan dari ukiran Jepara terdiri dari beberapa hal berikut.

Motif dan Corak unik

Ukiran di setiap daerah mempunyai ciri khasnya masing-masing. Ukiran Jepara mempunyai motif dan corak yang unik dan membedakannya dengan yang lain. Ciri khas ukiran Jepara adalah mempunyai motif daun Trubusan. Selain itu, ada motif Jumbai atau ujung relung, yaitu daunnya menyerupai kipas yang terbuka dan ujung daunnya runcing. Terdapat gambar buahnya juga yang berjumlah tiga atau empat yang berasal dari pangkal daun. Motif dengan ciri-ciri tersebut dapat menandai ukiran Jepara. Corak uniknya dengan pemakaian dominasi flora menjadikan ukiran Jepara menjadi terkenal dengan keindahannya.

Tampilan Yang Khas

Tampilan ukiran Jepara yang ada pada setiap kerajinan kayu jati buatan Jepara memang sangat khas. Jika memang ukiran tersebut dikerjakan oleh orang yang profesional maka tampilan ukiran tersebut akan tampak sangat halus dan luwes atau tidak kaku. Tidak hanya itu, bentuk ukirannya pun terlihat lebih rapi walaupun memiliki bentuk yang rumit. Coraknya pun cocok untuk dipadukan dengan beragam konsep rumah tinggal baik itu minimalis maupun glamour. Hal ini dikarenakan karena setiap ukiran khas Jepara sangatlah fleksibel. Sehingga perabotan akan tetap enak dipandang meskipun usianya sudah berabad-abad.

Inovasi langsung para pengrajin

Memang ada beberapa patokan khusus dalam setiap pembuatan ukiran Jepara sehingga tidak sembarangan orang yang bisa membuat ukiran tersebut. Meski demikian, para pengrajin bisa bebas menyalurkan idenya untuk setiap ukiran yang dibuat. Masing-masing daerah di Jepara memiliki khasnya masing-masing sehingga ada banyak sekali motif atau corak yang dihasilkan. Motif yang digunakan juga tidak akan monoton karena setiap pengrajin memiliki kemampuan untuk membuat motif tersebut menjadi lebih rapi, hidup, dan lebih menarik.

Ukiran Yang Detail

Ukiran Jepara mempunyai tingkat kecermatan tinggi, di mana setiap garis ukir objeknya terbukti halus dan sangat detail. Ahli ukir Jepara merupakan orang yang terlatih untuk membuat ukiran Jepara dengan mempertahankan detail setiap objeknya. Kesan hidup pada setiap objek dalam ukiran juga dapat dilihat, karena detail penggambaran bentuk objek tersebut. Salah satu penerapan ukiran tersebut adalah pada mebel. Perlengkapan mebel dari Jepara menggunakan ukiran Jepara sebagai hiasannya. Mebel jati mempunyai hasil ukiran yang baik, karena tekstur kayu jati yang mudah diukir. Mebel dari kayu jati juga mampu bertahan dalam jangka waktu lama.

 


Cetak